Welcome To MOZAIC DUNIA . .

"Temukan sisi lain dari dunia ini , , temukan beragam keunikannya dan kau akan lebih amaze dengan dunia-mu . . ."
:)

Kamis, 02 Desember 2010

Cacing Cumi : Spesies Laut Baru dari Sulawesi




Di tepi barat Samudra Pasifik, ribuan meter di bawah permukaan laut, para ilmuwan telah menemukan spesies makhluk baru yang sangat unik. Makhluk tersebut memiliki tubuh yang menyerupai cacing dan cumi-cumi sehingga para ilmuwan menamainya "squidworm" atau cacing cumi. Ukuran makhluk misterius itu lebih kurang 9,4 cm. Cacing cumi itu memiliki sepuluh tentakel yang panjang, menyeruak dari kepalanya. Selain itu, ia juga memiliki enam organ yang disebut nuchal. Organ ini memungkinkannya untuk mengecap rasa dan membaui sesuatu di dalam air. Para peneliti menggunakan sebuah kendaraan jarak jauh yang dioperasikan untuk menemukan Samae Teuthidodrilus di dasar Laut Sulawesi lepas pantai timur Kalimantan, Indonesia. Worm tersegmentasi, hasil penemuan telah dipublikasikan oleh tim secara online hari ini dalam Biology Letters.

T. samae ditemukan di wilayah yang dikenal luas didunia sebagai Coral Triangle, yang berisi limpahan terumbu karang dan kehidupan laut yang saat ini terancam akibat penangkapan ikan yang berlebihan dan polusi. Penemuan organisme yang tidak diketahui di sini menunjukkan bahwa spesies yang terancam punah belum bisa mereka identifikasi.

Laut Sulawesi tempat spesies ini ditemukan merupakan wilayah yang terisolasi dari perairan di sekitarnya. Selain itu, kawasan tersebut termasuk dalam kawasan konservasi yang memiliki beranekaragam bentuk kehidupan dan sejarah geologi yang unik.

Cacing cumi yang ditemukan di wilayah tersebut bukan hanya merupakan spesies baru. Sifat-sifat cacing cumi tersebut sangat berbeda dari bentuk kehidupan yang lain sehingga tak hanya membutuhkan nama spesies baru, tetapi juga genus baru, tingkatan taksonomi di atas spesies.

1 komentar:

Bagaimana menurut anda dengan tampilan dan isi Blog saya ??