Welcome To MOZAIC DUNIA . .

"Temukan sisi lain dari dunia ini , , temukan beragam keunikannya dan kau akan lebih amaze dengan dunia-mu . . ."
:)

Senin, 01 Agustus 2011

Gethux Siga Ruyuk 1.0 : OS berbahasa Sunda Buatan Warga Tasikmalaya !!



Siapa bilang orang desa ketinggalan zaman atau gagap teknologi? Rasanya anggapan itu tidaklah 100% benar. Lihatlah warga Desa Mandalamekar, Tasikmalaya yang mampu membuat operating system (OS) berbahasa Sunda. Namanya Gethux Siga Ruyuk 1.0.

Seperti ditulis di mandalamekar.or.id, situs pemerintah Desa Mandalamekar Kecamatan Jatiwaras Kabupaten Tasikmalaya, pemerintah desa tersebut sudah bisa membuat sistem operasi komputer (OS) sendiri.

OS berbasis Debian dan turunannya Ubuntu ini nantinya akan digunakan untuk mendukung gerakan Mandalamekar Go Open Source (MGOS). Uniknya, OS ini berbahasa Sunda.

Namun Gethux di sini bukan diambil dari nama makanan tradisional Indonesia getuk, melainkan singkatan dari bahasa Inggris Get dan Tux yang artinya ‘raihlah kemerdekaan’.

Nama ini berasosiasi dengan komunitas Gethux Linux yang sebelumnya sukses mengembangkan OS bahasa Banyumasan.

Sedangkan ‘Siga Ruyuk’ artinya ‘Versi Belukar’, karena desa ini terletak di samping hutan belukar yang masih minim infrastruktur. Sistem ini adalah wujud hasil perjuangan warga Mandalamekar yang sebelumnya sering dianggap kampungan dan terbelakang.

Walau masih dalam pengembangan dan baru bisa digunakan Oktober tahun ini, tapi Yana Noviadi, Kepala Desa Mandalamekar optimis,

“Kita ingin menjadikan bahasa Sunda menjadi bahasa komputer. Bila komputer menggunakan bahasa Sunda, banyak warga yang dengan mudah menggunakan teknologi ini untuk meningkatkan kemampuan hidupnya,” ujar Yana.

3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. ini baru kreatif dan menginspirasi !!

    BalasHapus
  3. ini kisah nyata saya . . . .

    perkenalkan nama saya seri wahyuni, saya berasal dari kota Bandung saya bekerja sebagai seorang karyawan di salah satu perusaan Yogyakarta.dimana saya sudah hampir kurang lebih tiga tahun lamanya saya bekerja di perusaan itu.

    Keinginan saya dan impian saya yang paling tinggi adalah ingin mempunyai usaha atau toko sendiri,namun jika hanya mengandalkan gaji yah mungkin butuh waktu yang sangat lama dimana belum biaya kontrakan dan utan yang menumpuk justru akan semakin sulit dan semakin lama impian itu tidak akan terwujud

    saya coba" buka internet dan saya lihat postingan orang yg sukses di bantu oleh seorang kyai dari sana saya coba menghubungi beliau, awalnya saya sms terus saya di suruh telpon balik disitulah awal kesuksesan saya.jika anda ingin mendapat jalan yang mudah untuk SOLUSI MUDAH, CEPAT LUNASI UTANG ANDA, DAN MASALAH EKONOMI YG LAIN, TANPA PERLU RITUAL, PUASA DLL. lewat sebuah bantuan penarikan dana ghoib oleh seorang kyai pimpinan pondok pesantren sundoko.dan akhirnya saya pun mencoba menghubungi beliyau dengan maksut yang sama untuk impian saya dan membayar hutang hutang saya.puji syukur kepada tuhan yang maha esa melalui bantuan beliau.kini sy buka usaha distro di bandung.
    Sekali lagi Saya mau mengucapkan banyak terimah kasih kepada kiyai sundoko atas bantuannya untuk mencapai impian saya sekarang ini. Untuk penjelsan lebis jelasnya silahkan
    Anda tak perlu ragu atau tertipu dan dikejar hutang lagi, Kini saya berbagi pengalaman sudah saya rasakan dan buktikan. Semoga bermanfaat. Amin.atau hub no hp 085298609998.

    BalasHapus

Bagaimana menurut anda dengan tampilan dan isi Blog saya ??

Powered By Blogger