Welcome To MOZAIC DUNIA . .

"Temukan sisi lain dari dunia ini , , temukan beragam keunikannya dan kau akan lebih amaze dengan dunia-mu . . ."
:)

Kamis, 25 November 2010

Nelson Mandela: Tokoh Dunia yang Gemar Memakai Baju Batik .


Mantan Presiden Afrika Selatan, Nelson Mandela dikenal sebagai tokoh yang gemar menggunakan batik. Hal ini menyebabkan batik sangat terkenal di negara yang baru saja sukses menyelenggarakan Piala Dunia 2010 itu.

Mandela pertama kali menggunakan batik adalah saat dia datang berkunjung ke Indonesia. Setelah itu, pria yang akrab disapa Madiba ini selalu mengenakan batik, termasuk orang-orang dalam kabinetnya saat dia masih menjadi orang nomor satu di Afrika Selatan.

Nelson Mandela memang sangat tertarik pada kemeja batik. Dia tertarik dengan kemeja batik buatan Iwan Tirta. Dan dia pun mengenakan rancangan batik maestro batik Indonesia tersebut. Pada saat menghadap Ratu Elizabeth II di Istana Buckingham, Nelson Mandela menggunakan mantel dan didalamnya menggunakan kemeja batik rancangan Iwan Tirta.


Tak hanya itu, Nelson juga mengenakan batik saat bertemu dengan George Bush di Washington DC. Demikian seperti dikutip dari iwantirta.com, Selasa 24 Agustus 2010.

Kegemaran Mandela menggunakan batik membuat batik menjadi barang mewah di negara asal pria tersebut. Harga batik sangatlah mahal di sana. Kabarnya, Mandela hanya tertarik menggunakan batik Indonesia.

Ketertarikan Mandela terhadap batik bermula ketika dia berkunjung ke Indonesia tahun 1998. Saat itu dia bertemu dengan Presiden BJ Habibie. Kabarnya, pada kunjungan pertama kalinya itu, Mandela langsung jatuh hati pada batik Indonesia.
BJ Habibie lalu memanggil Iwan Tirta. Sang maestro pun membuat batik untuk Mandela. Dari situlah, Mandela selalu terlihat menggunakan batik. Mantan Presiden Afrika Selatan, Nelson Mandela dikenal sebagai tokoh yang gemar menggunakan batik. Hal ini menyebabkan batik sangat terkenal di negara yang baru saja sukses menyelenggarakan Piala Dunia 2010 itu.

1 komentar:

  1. jika pemimpin negara lain saja bangga pada budaya kita,, menagapa kita tidak ??

    love indonesia !!

    BalasHapus

Bagaimana menurut anda dengan tampilan dan isi Blog saya ??

Powered By Blogger