Welcome To MOZAIC DUNIA . .

"Temukan sisi lain dari dunia ini , , temukan beragam keunikannya dan kau akan lebih amaze dengan dunia-mu . . ."
:)

Minggu, 02 Mei 2010

Masjid Islamic Center Samarinda : "Masjid terbesar di Asia Tenggara Terbaru . ."



“The New Biggest Mosque in ASEAN . .”

Mungkin loe” semua masih mikir kalo masjid Istiqlal di Jakarta adalah masjid terbesar di Asia Tenggara kan gann ? ?, tapi tidak lagi kini. Kabupaten Samarinda (Ibu Kota Kalimantan Timur) telah membangun masjid yang jauh lebih besar dari masjid Istiqlal di Jakarta.


Masjid Ini bernama SICM (Masjid Islamic Center Samarinda). Terletak depan tepian sungai Mahakam, masjid ini memiliki menara dan kubah besar. Masjid ini berlokasi di desa Karang Asam, Samarinda Ilir, Samarinda Kalimantan Timur dan memiliki luas bangunan utama 43.500 meter persegi. Luas bangunan masjid mencapai 7.115 meter persegi dan luas basementnya 10.235 meter persegi, Sementara lantai dasar masjid ini seluas 10.270 meter persegi dan luas lantai utama adalah 8.185 meter persegi. Sedangkan luas lantai mezanin (balkon) adalah 5.290 meter persegi.

Bangunan masjid ini memiliki 7 menara di mana menara utama memiliki ketinggian sekitar 99 meter yang di hiasi oleh Asmaul Husna yang berarti nama-nama Allah yang berjumlah 99 buah. Menara utama terdiri dari 15 lantai, rata-rata dari setiap tingkat lantai adalah 6 meter. Ini berarti, langkah-langkah dari basement ke lantai utama masjid berjumlah 33 langka, jumlah ini sengaja disamakan dengan sepertiga dari biji manik-manik (tasbih). Selain menara utama, bangunan juga memiliki 6 menara di samping masjid. 4 di setiap sudut masjid, dengan ketinggian 70 meter dan tinggi 2 menara di gerbang setinggi 57 meter. Enam menara ini juga mengartikan sebagai 6 rukun iman.


5 komentar:

  1. kerenya negeriku ini , ,
    ayo teman" d.tunggu partisipasinya . .
    sebagai tanda engakau bangga pada indonesia . . .

    BalasHapus
  2. Negeri kita kaya koq... tapi lebih banyak dikorupsi... jadi rakyatnya yang miskin dan jauh dari sejahtera... Hiks... Hiks... :'(

    BalasHapus
  3. i love samarinda <3

    BalasHapus
  4. samarinda memang is the best

    BalasHapus

Bagaimana menurut anda dengan tampilan dan isi Blog saya ??