Welcome To MOZAIC DUNIA . .

"Temukan sisi lain dari dunia ini , , temukan beragam keunikannya dan kau akan lebih amaze dengan dunia-mu . . ."
:)

Sabtu, 02 Oktober 2010

"Indonesia Raya" Merupakan Lagu Kebangsaan Terbaik di Dunia !!




Hi agan-agan Semua...?? ada satu hal lagi yang membanggakan Indonesia. Ternyata, lagu Indonesia Raya kita dianggap sebagai salah satu lagu kebangsaan terbaik yang ada di Dunia. Cekidot :

Sumber: Wikipedia

Indonesia Raya diciptakan pada tahun 1924 dengan judul menggunakan ejaan lama “Indonesia Raja” yang meruapakan lagu kebangsaan Republik Indonesia. Lagu ini diperkenalkan oleh penciptanya Wage Rudolf Soepratman pada 28 oktober 1928 di konvensi pemuda nasional di Batavia ( Sekarang Jakarta). Lagu ini sekaligus menandai lahirnya gerakan nasioanlis diseluruh Indonesia yang mendukung gagasan satu “Indonesia” sebagai pengganti Hindia Belanda, kemudian pecah menjadi beberapa koloni. Surat kabar pertama yang menerbitkan teks “Indonesia Raya” secara terbuka adalah surat kabar mingguan Sin Po yang merupakan surat kabar Bangsa Indonesia keturunan Cina. Surat kabar ini berani menentang tindakan para pejabat Belanda. Ini merupakan sebuah fakta yang masih tercatat dengan rasa bangga oleh masyarakat Indonesia Keturunan Cina.
Lagu ini dipilih sebagai lagu kebangsaan ketika Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945.

Jozef Cleber yang merupakan seorang komposer keturunan Belanda membuat aransemen untuk orkes simfoni pada 1950. Aransemen ini secara luas digunakan sekarang ini pada acara formal maupun informal.
Banyak orang luar negeri mengatakan "Indonesia Raya" adalah salah satu lagu kebangsaan terbaik di dunia.

Satu sumber lain juga mengakui bahwa "Indonesia Raya" adalah national anthem terbaik, bahkan setelah dibandingkan dengan "Star Spangled Banner" milik Amerika Serikat, "La Marsellaise" milik Perancis dan "God Save The Queen" milik Inggris.

Pada kenyataannya, bangsa Amerika sangat terobsesi dengan lagu kebangsaan mereka dan menyanyikannya hampir pada semua acara olahraga besar dan acara olahraga kecil juga seperti hari olahraga taman kanak-kanak. Dan dimanapun, ketika Star Spangled Banner dinyanyikan, penonton dengan mata bercahaya baik laki-laki maupun perempuan meletakkan tangan di dada mereka dengan wajah penuh emosi.

Sementara lagu kebangsaan Perancis "La Marsellaise" yang dianggap mengandung unsur-unsur rasis (tentang “darah murni") juga tak diragukan lagi salah satu yang terbaik dari banyak lagu kebangsaan. Lagu ini telah diadopsi dan diadaptasi oleh banyak musisi, termasuk Django Reinhard, Michel Sardou Serge Gainsbourge (Aux Armes et caetera), The Frog Princess dalam "The Divine Comedy", dan The Beatles, yang menggunakannya untuk pembuka " All You Need is Love ".

Dan lagu "God Save The Queen" merupakan lagu penguburan menjadi inspirasi bagi Sex Pistol's yang tidak lain adalah band punk-rock yang sangat kontroversial dimana dalam liriknya mereka, mereka membandingkan ratu ke sebuah rezim fasis. Mereka menyatakan menulis lirik terebut sebagai bentuk pembelaan terhadap kelas pekerja dan karena mereka menyukai bangsa Inggris.

Dalam setiap kasus, mereka segera memiliki pukulan di tangan mereka, membuktikan bahwa bahkan jika Inggris adalah sebuah monarki itu juga benar-benar demokratis. Bayangkan jika seseorang mencoba memberi "Indonesia Raya" yang semacam perlakuan! Satu-satunya hal mereka dapat adalah hukuman penjara!

Meskipun tidak sepopuler "Star Spangled Banner" dan "La Marsellaise". Saya harus mengakui lagu kebangsaan Indonesia mungkin adalah salah satu dari yang terbaik. Ya itu sangat membangun, tetapi juga bagian yang merdu. Sebelum Hari Kemerdekaan tahun ini, saya belum memberikan hal tersebut, tapi seharusnya lagu Indonesia raya harus terdengar seperti lagu kebangsaan sebagaimana yang semestinya bukan hanya sekedar lagu, dan mengilhami dengan baik dengan penuh perasaan nasionalisme dan kebanggaan sebagai satu negara.



1 komentar:

  1. bangga dengan indonesia,, nasionalisme berkobar di dada !!

    BalasHapus

Bagaimana menurut anda dengan tampilan dan isi Blog saya ??