Welcome To MOZAIC DUNIA . .

"Temukan sisi lain dari dunia ini , , temukan beragam keunikannya dan kau akan lebih amaze dengan dunia-mu . . ."
:)

Sabtu, 02 Oktober 2010

"Orang Indonesia Pertama yang Menerima Gelar kebangsawanan Dari Kerajaan Inggris"



Cendekiawan Muslim yang juga mantan Rektor UIN Jakarta dua periode (1998-2002, 2002-2006) dan kini Direktur Sekolah PascaSarjana, Prof Dr Azyumardi Azra, menerima penghargaan the Commander of the Order of the British Empire (CBE Award) atau “Panglima Kerajaan Inggris” dari Ratu Inggris, Elizabeth II. Penghargaan CBE untuk Azyumardi Azra akan diberikan di kediaman resmi Duta Besar Inggris di Jakarta oleh Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Martin Hatfull, pada 28 September. Dalam pemberian penghargaan tersebut hadir sejumlah pejabat pemerintah Indonesia serta tokoh lintas agama.

Penghargaan diberikan karena Azra dinilai berjasa dan memberikan kontribusi penting dalam membangun hubungan baik antaragama di tingkat internasional, khususnya antara Indonesia dan Inggris. Dan ini terutama ketika ia menjadi Ketua-Bersama UK-Indonesia Islamic Advisory Council (Dewan Penasehat Islam Inggris-Indonesia) yang dibentuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan PM Tony Blair pada Maret 2006. Dewan Penasehat ini aktif dalam menyelenggarakan berbagai program, baik di Inggris maupun Indonesia dalam rangka memperkuat dan memberdayakan hubungan yang damai baik di antara kaum Muslimin sendiri maupun dengan umat-umat beragama lainnya.
Azyumardi Azra merupakan orang Indonesia pertama yang menerima penghargaan yang sangat prestisius ini. Selain itu, Azra juga orang pertama yang mendapat penghargaan CBE yang berasal dari negara bukan Persemakmuran (Commonwealth)—negara dan wilayah yang dulu pernah dikuasai Kerajaan Inggris. Penerima CBE Award lain untuk 2010 adalah Dan Sten Olsson (Inggris) dalam bidang ekonomi, Giuseppe Orsi (Inggris) dalam bidang industri pertahanan, dan Prof Dr Jurgen Karl Erich Schlaeger (Jerman) dalam bidang hubungan Anglo-Jerman.


Bagi Azyumardi Azra, gelar Commander of the Order of British Empire (CBE) dari Kerajaan Inggris merupakan penghargaan luar biasa. ”Pengakuan luar biasa untuk Indonesia,” ujarnya.
Kelak mencantumkan gelar Sir di depan dan CBE di belakang nama? ”Terserah saja. Ada yang suka pakai Sir, ada yang tidak.” Namun, umumnya orang sangat bangga dengan gelar-gelar dari Ratu Inggris. Mereka bangga menjadi bagian dari keluarga kerajaan dan sahabat Pangeran Charles. Pesepak bola David Beckham pernah menerima Officer of the Order of British Empire (OBE), di bawah CBE.
Menurut Azra, urutan gelar dari Kerajaan Inggris itu paling tinggi ”pahlawan” atau Knighthood of the Order of British (KBE), CBE, OBE, dan terendah ”anggota” atau Member of the Order of British (MBE).

1 komentar:

  1. selamat buat pak Azyumardi,, semoga memberi dampak positive pada bangsa indonesia !!

    BalasHapus

Bagaimana menurut anda dengan tampilan dan isi Blog saya ??