Welcome To MOZAIC DUNIA . .

"Temukan sisi lain dari dunia ini , , temukan beragam keunikannya dan kau akan lebih amaze dengan dunia-mu . . ."
:)

Senin, 26 April 2010

Dangdut In Amerika

Seberapa Besar DANGDUT dinikmati di Negeri PAMAN SAM ??



Semenjak 3 tahun belakangan ini music Dangdut yang dikenal secara luas di Indonesia sebagai musiknya “wong cilik”, mendadak mulai terkenal hingga ke negara adidaya Amerika Serikat. Lho kog bisa ?? Ya , tepatnya pada tahun 2007 lalu seorang warga Indonesia yang bermukim disana mengadakan sebuah acara bertajuk Dangdut in Amerika (semacam dangdut idol geto gann). Ialah Rissa Asnan yang memiliki ide gila tersebut dan ternyata usahanya tidak sia-sia karena sekitar 90 orang mengikuti audisi tersebut hingga terpilihlah Arreal Tilghman, penyanyi berkulit hitam asal Delaware, Philladelphia sebagai pemenang dalam ajang tersebut. Pada tahun 2008 lalu Arreal sempat mengunjungi Indonesia untuk membuat album debut Dangdut pertamanya yang akan dirilis di Amerika dan Indonesia.

Selain Acara Dangdut in Amerika tersebut, pada tahun 2008 sang raja dangdut, H.Rhoma Irama diundang secara khusus oleh Profesor Andrew Wientraub, dari University of Pittsburgh, Amerika Serikat untuk dapat memberikan sebuah ceramah di acara Konferensi Musik Internasional. Dan yang membuat dia lebih terkejut, Rhoma Irama diminta untuk speech di depan umum. Ternyata konteksnya adalah tentang lagu beliau yang selama ini dibahas oleh 70 negara baik di Eropa maupun Amerika .

Yang tak kalah membanggakan lagi, Artis Dangdut terkenal Ike Nurjanah diundang secara khusus oleh sebuah event organizer besar Amerika, Sireedee Entetainment untuk mengadakan seminar tentang dangdut di University of Pittsburgh dan John Hopkins University. Selain mengisi sebuah acara seminar, sekitar dua minggu penyanyi dangdut Ikke Nurjanah menggelar show di tiga tempat di Amerika Serikat .Menurut Ikke, publik Amerika memiliki respon yang cukup bagus dengan dangdut, antusias dapat dilihat dari ekspresi para peserta di sana. Begitu pun dengan mahasiswa asal Indonesia yang ada di sana, merasa kerinduannya pada tanah air terobati. "Aku merasa termotivasi melihat itu, karena orang sana menghargai musik dangdut," tegasnya.

1 komentar:

  1. kerenya negeriku ini , ,
    ayo teman" d.tunggu partisipasinya . .
    sebagai tanda engakau bangga pada indonesia . . .

    BalasHapus

Bagaimana menurut anda dengan tampilan dan isi Blog saya ??