Welcome To MOZAIC DUNIA . .

"Temukan sisi lain dari dunia ini , , temukan beragam keunikannya dan kau akan lebih amaze dengan dunia-mu . . ."
:)

Senin, 14 Maret 2011

Mr. Komodo jadi Ikon di Bickley Park School London


Suasana makan siang di kantin sekolah Bickley Park pada tanggal 25 november 2010 terasa berbeda dibandingkan hari-hari lainnya. Pada hari itu, selain menu yang biasa disajikan, para murid dapat merasakan hidangan khas Indonesia untuk makan siang mereka. Siang itu, terlihat para murid menyantap dengan lahap daging rendang, telor balado, tekwan, sayur lodeh, ayam goreng mentega, asinan dan juga kolak labu. Hidangan makan siang hari itu juga diiringi lantunan lagu tradisional Indonesia.

Suasana siang yang berbeda tersebut, sebenarnya sudah dirancang jauh hari, oleh KBRI London bekerjasama dengan pihak sekolah. Makan siang para murid pada hari itu bertemakan ”Indonesian Day”, dimana selain disajikan makanan Indonesia, para murid juga dapat melihat peta Indonesia ukuran besar, disertai berbagai brosur mengenai Indonesia, khususnya tujuan wisata.


Para murid juga terkagum-kagum dengan kehadiran replika besar Komodo, yang khusus dibawa oleh pihak KBRI London dalam rangka mendukung program pemerintah Indonesia dalam mengkampanyekan hewan langka dan eksotis ini sebagai satu dari tujuh keajaiban baru dunia (new seven wonders of the world). Kegembiraan anak-anak ini, ditambah lagi dengan diberikannya cinderamata berupa pin bertuliskan ”Vote Komodo” serta wayang kulit mini, yang disediakan oleh Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata RI.

Keingintahuan para murid sekolah dasar tersebut, tampak terlihat dari berbagai pertanyaan yang mereka tanyakan kepada pihak KBRI, seperti diantaranya, “how many islands are there in Indonesia?”,”what is the best food in Indonesia?”, “how far is Indonesia from UK? dan “is Komodo a kind of dinosaur?”. Namun selain pertanyaan-pertanyaan yang lugu tersebut, ada juga yang menanyakan mengenai situasi di Merapi dan Mentawai pasca bencana yang melanda kedua daerah tersebut. Keprihatinan anak-anak sekolah ini terhadap berbagai bencana yang menimpa Indonesia telah menggerakan hati mereka dan para guru untuk melaksanakan kegiatan pengumpulan dana selama bulan Desember 2010 yang akan disumbangkan kepada para korban bencana di Indonesia.

Sekolah Bickley Park sendiri merupakan sekolah swasta khusus anak laki-laki yang memiliki lebih dari 200 murid berusia antara 7-13 tahun yang terletak di kawasan Bromley, sebelah selatan London.

Kegiatan Indonesian Day ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan KBRI London untuk memperkenalkan dan menimbulkan kecintaan terhadap Indonesia melalui anak-anak usia sekolah dasar dan menengah. KBRI London telah melaksanakan beberapa kegiatan serupa, antara lain Indonesian story telling di Mayfair Library bagi anak-anak sekolah dasar di sekitar Mayfair, daerah prestisius yang terletak di pusat kota London, dan pementasan drama “Klenting Kuning” di New Bolt School.

1 komentar:

Bagaimana menurut anda dengan tampilan dan isi Blog saya ??