Welcome To MOZAIC DUNIA . .

"Temukan sisi lain dari dunia ini , , temukan beragam keunikannya dan kau akan lebih amaze dengan dunia-mu . . ."
:)

Jumat, 03 September 2010

100% Indonesia : #4 PANSER buatan PT Pindan yang Telah diakui Kehebatannya oleh PBB . .


Sebanyak 13 unit kendaraan tempur jenis panser 6x6 Anoa produksi PT Pindad Indonesia siap dioperasikan oleh Satgas Batalyyon Mekanis TNI Kontingen Garuda XXIII (Indobatt) di wilayah konflik, Lebanon Selatan.Beroperasinya Anoa, menandakan, bahwa alat utama sistem senjata (alutsista) produksi dalam negeri Indonesia diakui oleh Unifil/Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sebagai ranpur yang berstandart internasional. "Setelah melalui tahapan pemeriksaan kedatangan yang dilakukan oleh Contingent Owned Equipmen Unifil terhadap 13 unit ranpur beberapa waktu lalu, maka didapatkan sebuah hasil positif yang menyatakan bahwa seluruh ranpur tersebut siap operasional di jajaran Unifil," ujar Komandan Satgas Konga XXIII-D/Unifil, Letkol TNI Andi Perdana Kahar di Lebanon, seperti yang ditulis melalui surat elektroniknya kepada Suara Karya di Jakarta. Jumat (23/4).

Pemeriksaan Anoa serta senjata dan alat perlengkapannya, dilakukan di Markas Satgas Batalyon Mekanis TNI Konga XXIII-D/UNIFIL (Indobatt) UN POSN 7-1 Adshit Al Qusayr, Lebanon. Ini dilakukan, agar pengoperasian Anoa di wilayah operasi tidak menemukan kendala yang mungkin ditimbulkan oleh ranpur itu sendiri.


Andi mengatakan, pemeriksaan ranpur maupun alutsista yang dipergunakan para pasukan perdamaian wajib melalui pemeriksaan dan legalisasi Unifil. "Pemeriksaan ini wajib, sehingga pelaksanaan tugas oleh pasukan dapat berjalan efektif. Itu dilakukan, guna mengetahui kesiapan operasional tersebut, maka tim pemeriksa COE melaksanakan pemeriksaan secara fisik dan detail (spesifikasi) terhadap setiap kendaraan tempur dan materiil pendukungnya," ujarnya
Sebagai contoh, dijelaskan Andi, pemeriksaan secara detail dilakukan untuk mengetahui apakah lampu kendaraan berfungsi dengan baik. Setiap ranpur Anoa akan diberi plat nomor Unifil oleh pihak Unifil Transportation Section.

"Ini menandakan, ranpur Anoa diterima secara resmi sebagai alutsista yang dioperasionalkan oleh Unifil melalui Indobatt. Setelah melalui tahap pemeriksaan kedatangan tersebut, ranpur-ranpur Anoa ini digunakan untuk operasional awal berupa kegiatan latihan pengenalan daerah operasi," katanya.
PT Pindad menargetkan penjualan pertama 32 unit "Anoa" panser 6X6 buatan Pindad ke Malaysia dapat dilakukan akhir 2010."Kita berharap November atau paling telat Desember 2010," kata Direktur Utama PT Pindad Adik Avianto di sela-sela kunjungannya di Defences Services Asia Exhibition and Conference 2010 dan PT SME Ordnance, Kuala Lumpur, Jumat (23/4).

Adik Avianto mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan panser 6x6, maka Malaysia telah melakukan penjajakan ke tiga perusahaan dari tiga negara yakni, PT Pindad (Indonesia), Dosaan (Korea Selatan) dan Renault (Perancis). Dari tiga perusahaan yang dilirik, Malaysia menetapkan dua calon perusahaan yang akan memenuhi kebutuhannya akan panser 6x6, yakni PT Pindad dan Renault
.

"Jadi ini suatu kebanggaan juga, karena kita bisa mengungguli Korsel. Kita tinggal melakukan yang terbaik untuk bisa unggul dari Renault," ungkap Adik.

Ia mengemukakan, Pindad dan Renault akan unjuk kebolehan dihadapan tim pengadaan Malaysia pada Mei 2010. "Dari segi teknik dan kemampuan, produk kita tidak kalah dengan Renault. Bagaimanapun dia sudah ribuan unit yang diproduksi bahkan Indonesia pun sebagai salah salah pengguna panser buatan Renault," tutur Adik.

Namun, Pindad bisa memberikan harga yang lebih bersaing. "Ya kami berharap, bisa lolos pada unjuk kebolehan nanti. Sehingga bisa segera dilakukan kontrak," katanya.

Panser 6X6 Pindad merupakan kendaraan tempur pengangkut personel dengan sistem penggerak roda simetris yang dirancang khusus untuk TNI AD, khususnya kavaleri. Panser dapat mengangkut 10 personel dengan tiga kru, satu komandan, dan satu "gunner". Panser juga dilengkapi dengan "mounting" senjata 12,7 mm yang dapat berputar 360 derajat.

Panser "Anoa" tersebut merupakan salah satu produk primadona PT Pindad yang dipamerkan dalam arena Defences Services Asia Exhibition and Conference 2010 dan PT SME Ordnance di Kuala Lumpur, Malaysia. Selain panser, PT Pindad juga menampilkan berbagai varian persenjataan personel baik senapan laras panjang maupun pendek.

1 komentar:

Bagaimana menurut anda dengan tampilan dan isi Blog saya ??