Welcome To MOZAIC DUNIA . .

"Temukan sisi lain dari dunia ini , , temukan beragam keunikannya dan kau akan lebih amaze dengan dunia-mu . . ."
:)

Selasa, 07 September 2010

100% Indonesia : #5 "13 Mobil-Mobil Asli Buatan Dalam Negeri"

1. Maleo
 
haxims.blogspot.com
 
dibidani oleh menristek BJ Habibie tahun 1996 dengan harga patokan ditarget tidak lebih dari 30 Juta agar terjangkau masyarakat, Habibie pun memutar otak untuk merancangnya mulai dari mesin yang berkapasitas 1300 cc, komponen lokal diatas 80%. Dan untuk mematangkan rencana tersebut dia menggandeng pabrikan mobil dari Australia untuk melakukan riset dengan satu unit mobil sebagai contoh telah dihasilkan. Namun sayang dana untuk itu kemudian tersedot oleh proyek mobnas Timor milik Tommy anak bungsu presiden Suharto, sehingga proyek mobnas Maleo pun terhenti. 
 
2. Timor S2
 
haxims.blogspot.com
 
Meskipun pada awalnya mengambil utuh KIA Sephia sebagai produk awalnya namun Timor telah menyiapkan sendiri rancangan Mobnas generasi keduanya yang dirancang oleh rumah desain Zagato Italia, namun terhenti juga langkahnya akibat Krisis Moneter 1998 dan kejatuhan rezim ayahnya.
 
3. Bakrie B-97
 
haxims.blogspot.com
 
Grup Bakrie pun pernah menyiapkan mobil rancangannya berjenis MPV yang mana desain rancang bangun kendaraan ini telah dilakukan di Inggris, bahkan satu unit mobil contoh pun sudah dibuat dan diuji coba di sana, namun belum sempat keluar lagi-lagi tersandung krisis moneter tahun 1998 sehingga proyek tersebut tidak jadi dilanjutkan. 
 
4 Macan
 
Kendaraan sejenis MPV dengan kapasitas mesin 1.800 cc dari PT. Texmaco, dengan menggandeng Mercedes Bens PT. Texmaco mengeluarkan kendaraan ini, dan satu unit prototype sudah dipamerkan di arena pekan Raya Jakarta pada pertengahan tahun 2001, tapi belum sempat diproduksi masal PT. Texmaco keburu gulung tikar. 
 
5. Gang car
 
haxims.blogspot.com
dari PT. DI, meskipun bidang usahanya membuat pesawat tapi PT. DI juga membuat mobil imut berkapasitas 2 orang ditenagai mesin 125-200 cc yang didesain bisa masuk gang-gang sempit di perkotaan. namun sayang proyek ini tidak pernah terdengar lagi kabarnya sejak tahun 2003 setelah PT.DI dilanda kemelut dan merumahkan 9000-an karyawannya. 
 
6. Marlip
 
haxims.blogspot.com
Mobil listrik buatan LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) memang fenomenal karena menggunakan energi alternatif selain BBM yaitu listrik. namun sayang modelnya masih jauh dari harapan sebuah mobil, entah apa yang ada dibenak orang-orang LIPI menampilkan mobil dengan energi alternatif tapi dengan desain sekelas bengkel las pinggir jalan, itulah Marlip. 
 
7. Gea
 
haxims.blogspot.com
 
City car produksi bareng PT Inka dan BPPT menggunakan mesin 650 cc yang merupakan mesin asli buatan dalam negeri dari hasil riset BPPT dengan nama “Rusnas” dan karena masih dalam tahap pengembangan maka body mobil masih menggunakan fiberglass. Namun apakah setelah produksi masal nanti mereka akan menggunakan baja dengan Model seperti ini?…. Harus diingat orang membeli mobil bukan karena mesinnya saja, tapi juga tampilannya yang menarik. 
 
8. Arina
 
haxims.blogspot.com
 
Karya Universitas Negeri Semarang (Unnes). Bisa dibilang langkah berani yang diambil akademisi dengan menciptakan sebuah mobil mendahului Perguruan tinggi sains ternama di Indonesia seperti ITB dan ITS, dan desain bodynya juga lebih menarik dibanding Gea dan Marlip, Namun mengandalkan mesin motor 150 – 250 cc sebagai penggeraknya? Tampaknya pihak Unnes harus memikirkan mesin yang memiliki kapasitas silinder lebih besar namun irit untuk menggendong body berkapasitas 4 penumpang, minimal 500 cc.. 
 
9. Tawon
 
haxims.blogspot.com
 
Diciptakan oleh produsen gas pertama di Indonesia PT Super Gasindo Jaya, dengan sumber bahan bakar bensin dan gas. Penciptanya merencanakan mobil ini untuk mengganti bajaj, hmmm.. cukup seimbanglah bila disandingkan dengan bajaj malah bisa dibilang lebih bagus, namun untuk dijual komersial apalagi dengan harga Rp 48 juta nggak menjamin mobil ini bisa diterima pasar. 
 
10. Komodo
 
haxims.blogspot.com
 
dari PT. Fin Tetra Indonesia, Layaknya seekor binatang purba dari zaman pra sejarah yang masih tinggal di bumi, maka tampilan Mobil Komodo pun garang, dan memang kendaraan tersebut di desain untuk menjelajah medan offroad. Namun sebenarnya kendaraan ini bukan masuk kategori mobil lebih pas kategori ATV bahkan mesinnya pun lebih kecil dari ATV, hanya 180 cc. 
 
11. Esemka Digdaya
 
haxims.blogspot.com
 
Yah sesuai namanya mobil ini adalah hasil karya anak-anak SMK 1 Singosari Malang, kendaraan ini berjenis MPV dan siapa sangka mobil hasil karya anak SMK yang nota bene masih berumur 16-17 tahun ini begitu sempurna melebihi produk mobnas pabrikan lainnya dalam PPI 2009 Di Kemayoran Jakarta. Meskipun mesinnya masih menggunakan mesin eks Timor 1.500 cc itu cuma masalah kecil, karena tinggal menggantinya saja dengan mesin berkapasitas lebih besar dengan komponen lokal yang tinggi, dijamin harga jualnya akan terjangkau. Dua jempol untuk SMK 1 Singosari Malang.

12. Mobil Hybrid Produksi LIPI 



Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronika di bawah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia berhasil merancang mobil hibrida dan mobil elektrik. Mobil hibrida menggunakan sumber energi listrik yang tersimpan di dalam baterai dan penyuplai listrik berupa generator berbahan bakar bensin.
Dibandingkan kinerja mobil konvensional, mobil hibrida LIPI hasil riset tahun 2005 hingga akhir 2009 itu menghemat biaya hingga berkisar 40 persen.
”Dibandingkan mobil konvensional dengan bensin yang diperhitungkan butuh biaya Rp 580 per kilometer, sedangkan mobil hibrida ini hanya Rp 240 per kilometer,” kata periset Abdul Hapid selaku Kepala Bidang Peralatan Transportasi Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronika (Telimek) LIPI, Kamis (18/3) di Bandung.
Abdul Hapid mengatakan, riset itu bertujuan menguji sistem hibrid yang menggunakan lebih dari satu sumber energi. Ini berbeda dengan lazimnya mobil hibrida yang sudah dikembangkan terlebih dahulu di beberapa negara lainnya yang memakai sistem hibrida lebih dari satu sistem penggerak. ”Sejauh ini belum saya ketahui paten mobil hibrida seperti ini,” kata Abdul Hapid.
Deputi Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI Syahrul Aiman membenarkan hal itu.
Paten mobil hibrida LIPI segera akan diupayakan. ”Mobil hibrida LIPI itu berbasis pada mobil listrik. Tujuan utamanya menghemat penggunaan bahan bakar minyak,” kata Syahrul.

43 daya kuda
Abdul Hapid menjelaskan, mobil hibrid LIPI menggunakan motor listrik yang menghasilkan daya 43 tenaga kuda. Kemampuan optimal melaju hingga mencapai 70 kilometer per jam.
”Mobil ini 100 persen menggunakan listrik. Penggunaan generator berkapasitas 2.200 watt ini untuk cadangan atau penyuplai listrik,” kata Hapid.
Dia mengatakan, risetnya masih terkonsentrasi pada pengujian sistem hibrida lebih dari satu sumber energi, yaitu berupa baterai yang bisa diisi listrik dari sumber PLN dan generator yang dirakit di dalam mobil.
Perbandingan efisiensi mesin yang lebih hemat 40 persen didasarkan pada penghitungan satu kilowatt jam senilai Rp 1.000. Daya listrik satu kilowatt jam mampu untuk menempuh 4,5 kilometer atau Rp 240 per kilometer. Kemudian diasumsikan mobil konvensional memiliki efisiensi 8 km/liter bensin. Harga satu liter bensin, yaitu Rp 4.500, jadi mobil konvensional butuh Rp 580/km. (kompas.com/ humasristek)

13. Mobil Kancil



Selain India tentunya kita juga punya produk mobil murah ala Indonesia yang dikenal dengan nama Kancil atau kepanjangan dari Kendaraan Angkutan Niaga Cilik Irit Lincah dibandrol dengan harga sekitar 30-40 jutaan mobil kancil dipasarkan khusus untuk berdampingan dengan Bajaj ataupun upgrading dari bajaj. Untuk saat ini masih digunakan sebagai angkutan umum dalam kota.
Menurut Kresna Didjaya, Corporate Secretary PT Kurnia Abadi Niaga Citra Indah Lestari, selaku produsen mobil Kancil, seperti dikutip dari  Tempo News Room  Saat ini, kata Kresna, mobil tersebut sudah mulai digunakan oleh perseorangan dengan menggunakan nomor polisi berwarna hitam. "Kalau ada yang mau menggunakan sebagai kendaraan pribadi, monggo (silakan)," kata Kresna.

Menurut Kresna, pihaknya memang hanya menjual mobil itu dalam keadaan kosong atau tanpa izin dengan harga Rp 32,5 juta. Izin penggunaan mobil dengan kapasitas mesin 400 CC tersebut sebagai kendaraan pribadi selama ini diurus sendiri oleh konsumen atau melalui pihak distributor.

Kresna mengakui, minat perseorangan terhadap mobil Kancil memang cukup tinggi. "Mereka tertarik dengan bentuknya yang lucu," ujarnya.

Namun, sebagian besar peminat menuntut mobil tersebut dilengkapi dengan AC atau memiliki kenyamanan seperti mobil mewah. Hal itu, kata Kresna, akan sulit diakomodasikan karena pada awalnya Kancil tidak dirancang sebagai mobil pribadi, tetapi sebagai kendaraan niaga atau kendaraan umum. "Kancil sendiri kan merupakan kependekan dari Kendaraan Angkutan Niaga Cilik Irit Lincah," ujar Kresna.

Deskripsi Mobil Kancil
KANCIL = Kendaraan Angkutan Niaga Cilik Irit Lincah Kendaraan angkutan umum / niaga, angkutan lingkungan jarak dekat dengan konsep AMAN, NYAMAN, RAMAH LINGKUNGAN, TERJANGKAU, dan MENGHASILKAN (Produktif). - Kendaraan kecil (Micro Car) 4 roda untuk digunakan di lingkungan perkotaan dan perdesaan - Berat kendaraan maksimum (GVW) sebesar 850 kg - Untuk 5 penumpang termasuk pengemudi dan barang - Dapat digunakan juga sebagai kendaraan serba guna untuk jarak dekat - Dirancang dan dikembangkan sendiri oleh putra-putra bangsa Indonesia sebagai Produk Anak Bangsa - Body Fiberglass (FRP) lebih ringan, mudah diperbaiki dan tidak berkarat - Dapat sebagai sarana wirausaha, memberikan sarana bagi rakyat kecil untuk berusaha

SPESIFIKASI CHASSIS 1. Mesin: 4 langkah, 1 silinder 2. Kapasitas: 250cc 3. Diameter x langkah: 67x65mm 4. Daya maksimum: 11,5 kW / 6500 rpm 5. Torsi maksimum: 17,5 NM / 5500 rpm 6. Putaran Maksimum: 7000 rpm 7. Pengapian: DC-CDI 8. Sistem Pelumasan: Pompa Oli 9. Jenis Pelumas: SAE 30 - SE (1,2 ltr) 10. Starter: Electrik 11. Transmisi: Manual 5 percepatan dan 1 mundur 12. Pola Pengoperan gigi: N-1-2-3-4-5-N dan Gigi 1 mundur 13. Kemudi: Recirculating Ball 14. Suspensi depan: Mac Pherson Strut 15. Suspensi Belakang: Gandar Kaku, Trailing Arm, Shock absorber hidrolik dgn Coil Spring, Stabilizer 16. Gandar Belakang: Transaxle differential dgn gigi mundur 17. Rem: Drum, Hidrolik 2 circuit 18. Ukura Ban: 4,5 - 12 - 8PLT Kapasitas Tangki: 10 liter bensin murni dan atau CNG setara 20ltr

4 komentar:

  1. terbukti indonesia bisa!!!!!!!!1

    BalasHapus
  2. mobil buatan Indonesia ini memang membanggakan, tapi coba dong! desainnya dipercantik lagi biar bisa bersaing dengan mobil buatan negara lain, ikut tren yang sekarang. meniru juga boleh tapi dibedain desain lampu depan dan belakang. Hidup Indonesia, maju lah Indonesia karena garuda selalu di dada ku

    BalasHapus
  3. @anonim : setuju banget gann !!

    BalasHapus
  4. Dimana ya bisa pesen buat keperluan pribadi?

    BalasHapus

Bagaimana menurut anda dengan tampilan dan isi Blog saya ??